AYO LIBURAN KE ACEH

AYO LIBURAN KE ACEH

Aceh merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang saat ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik yang berasal dari dalam negeri (domestik) maupun wisatawan dari luar negeri. Tingkat kunjungan pelancong ke Aceh terus meningkat dari tahun ke tahun, hal ini tak lepas dari berbagai pembenahan yang terus dilakukan oleh pemerintah daerah dan juga para pelaku usaha pariwisata di Aceh. Kondisi yang aman, nyaman dan keramahtamahan masyarakat Aceh dalam menyambut tamu turut menjadi daya tarik para wisatawan ke Aceh.

Di Aceh terdapat berbagai objek kunjungan wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan, mulai dari situs – situs kerajaan Aceh tempo dulu, situs tsunami, Keindahan Pantai dan alam bawah lautnya, maupun pusat jajanan dan kedai kopi yang menjajakan mie serta kopi khas aceh.

Untuk situs – situs peninggalan Kerajaan Aceh tempo dulu, tersebar mulai dari Banda Aceh, Aceh Besar, hingga ke pantai timur dan pantai barat-selatan Aceh. Situs – situs tersebut berupa Mesjid-Mesjid yang bersejarah semisal Mesjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh dan Mesjid Tua Indrapuri di Aceh Besar. Selain mesjid, ada juga makam – makam raja dan pemuka kerajaan Aceh yang juga tersebar keberadaannya. Makam Sultan Malikul Shaleh yang berada di kabupaten Aceh Utara salah satu situs yang sering dikunjungi para peziarah. Sultan Malikul Shaleh merupakan Sultan dari Kerajaan Samudera Pasai, dimana melalui Kerajaan Samudera Pasai inilah agama Islam berkembang hingga ke seluruh penjuru nusantara. Dan yang tak kalah juga ramai dikunjungi adalah benteng – benteng peninggalan kerajaan Aceh yang sebahagian besar berada di kawasan pantai Aceh Besar.

Paska bencana alam gempa dan tsunami pada 26 Desember 2004,  Aceh telah dijadikan sebagai salah satu daerah yang sangat sering dikunjungi guna mendapatkan pembelajaran akan dahsyatnya bencana alam tersebut. Berbagai situs tsunami yang tersebar di Banda Aceh dan Aceh Besar dengan mudah dapat kita kunjungi. Seperti Museum tsunami, situs kapal PLTD Apung, Escape Building, Monument Thanks to World, Mesjid Baiturrahim Ulee Lheu, Mesjid Rahmatullah Lampuuk dan situs Kapal atas rumah di Gampong Lampulo.

Untuk panorama pantai dan taman bawah lautnya, sangat banyak tempat yang bisa kita kunjungi di Aceh. Sabang merupakan salah satu tujuan wisata pantai yang sangat terkenal, dimana di sabang terdapat Taman Bawah Laut Rubiah yang dihuni oleh beragam terumbu karang dan biota laut lainnya. Bagi anda yang ingin menikmati taman bawah laut melalui snorkeling ataupun diving, selain sabang, di Aceh juga banyak spot snorkeling dan diving yang layak dicoba, seperti halnya spot di Pulau Tuan dan Pulau Aceh di Aceh Besar, Pulau Dua di Aceh Selatan, serta Pulau Banyak di Aceh Singkil.

Baru-baru ini sudah mulai juga berkembang jenis “sport tourism”, yaitu tour yang berkonsepkan olah raga, seperti halnya bersepeda lintas alam yang mengambil spot di kawasan dataran tinggi gayo (Bener Meriah dan Aceh Tengah), Arung Jeuram (Rafting) di lintasan sungai yang berada di kawasan Gunung Leuser (Aceh Tenggara) dan Geumpang (Pidie), serta sport tourism berikutnya berupa off roader, baik dengan menggunakan sepeda motor maupun mobil, dimana spot yang sering digunakan adalah di kawasan pegunungan Kuta Malaka (Aceh Besar).

Tunggu apa lagi???

Ayo ajak keluarga anda, sahabat maupun rekan kerja anda untuk merasakan LIBURAN MENARIK di Aceh bersama kami ZALYAN Tour & Travel. Dan untuk informasi dan pemesanan paket tour ke berbagai tempat di Aceh, silahkan menghubungi kami segera di ZALYAN Tour & Travel, Jalan Peurada Utama No.21 Lamgugob, Syiah Kuala-Banda Aceh. Telp. +62-651-6303851; mobile: +62-85260910555; pinBB: 797A774C; instagram: @zalyantravel_aceh; e-mail: zalyantravel@gmail.com  

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d blogger menyukai ini: